3 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Mudah

Cara menghilangkan mata panda atau kantung mata secara alami adalah salah satu tips terbaik yang bisa dilakukan sebagian orang yang memiliki masalah dengan mata panda akibat bergadang. Untuk itu, mari kita ulas seputar mata panda agar Anda bisa mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara paling efektif dan cepat untuk menghilangkan mata panda berikut ini.

Apa Penyebab Mata Panda?

Mata panda adalah sebuah kondisi dimata terdapat garis hitam di area sekitar mata, timbulnya mata panda atau kantung mata dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun yang paling umum menjadi pemicu timbulnya mata panda adalah terlalu sering bergadang. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab mata panda, berikut ini akan sedikit saya terangkan kenapa sih mata panda bisa muncul dan menyebabkan seseorang menjadi tampil kurang pecaya diri.

1. Kurang Tidur

Yup benar, seperti yang sudah dijelaskan tadi. Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah terlalu sering bergadang atau kurang tidur. Normalnya setiap orang butuh waktu istirahat (tidur) kurang lebih 7 - 8 jam per hari, jika kurang dari itu maka akan timbul berbagai macam masalah yang berkaitan dengan mata, salah satunya mata panda atau kantung mata. Untuk itu, agar Anda terbebas dari masalah mata panda, perhatikan baik-baik waktu tidur Anda dan jangan sampai meninggalkannya. Sekalipun Anda sering lembur, upayakan untuk tidur lebih awal satu hari sebelum mendapat jam lembur. Dengan begitu, pekerjaan kantor jadi beres mata juga tetap sehat. Dan jangan lupa juga ketika Anda lembur, bawalah kopi sebagai teman ngelembur Anda.

2. Make Up

Bagi cewek-cewek yang suka sekali berdandan, perhatikan baik-baik nih. Penggunaan make up yang terlalu tebal dan berlebihan dapat menjadi pemicu timbulnya mata panda, apalagi jika tidak segera mencuci muka setelah membersihkan make-up. Wajar memang jika Anda menggunakan make-up untuk merias diri, namun jangan abaikan juga kesehatan Anda, khususnya dibagian wajah. Banyak efek buruk yang terjadi jika Anda terlalu sering memakai make-up tebal-tebal, salah satunya ya kantung mata. Jadi, atur baik-baik dalam menggunakan make-up jika ingin tetap terlihat cantik alami.

3. Paparan sinar UV matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan kulit dan tulang, tapi sinar matahari yang baik tersebut hanya berselang sekitar 4 jam, yaitu mulai pukul 6 pagi hingga 10 siang. Lewat dari itu, terdapat banyak efek negatif sinar matahari bagi kesehatan kulit, namun tak hanya kulit! Kesehatan mata Anda juga bisa dipengaruhi oleh sinar matahari. Semakin sering Anda beraktifitas di luar ruangan dan terpapar langsung dengan sinar matahari tanpa adanya perlindungan, maka jangan salahkan mataharinya jika tiba-tiba Anda terserang mata manda. Penyebabnya adalah karena panas matahari dapat memperbanyak produksi melanin yang dapat menggelapkan daerah mata. Untuk itu, beri perlindungan bagi mata Anda jika Anda memang lebih sering berada di luar ruangan, misalnya dengan memakai kacamata hitam anti UV dan topi.

4. Penyakit

Penyakit anemia atau ginjal juga menjadi pemicu timbulnya mata panda, untuk itu jika Anda memiliki masalah dengan mata panda, cepat-cepat pergi ke dokter untk berkonsultasi. Bisa jadi Anda mengidap kedua penyakit tersebut, namun semoga saja tidak.

5. Keturunan

Faktor terakhir yang menjadi penyebab timbulnya mata panda atau kantung mata adalah faktor genetika (kturunan). Coba perhatikan ayah atau ibu Anda apakah memiliki riwayat mata panda? Jika iya, kemungkinan besar hal itu akan menimpa Anda juga. Dengan begitu secara otomatis Anda tidak bisa terbebas dengan masalah mata panda, namun tidak ada salahnya juga Anda mencoba mengatasinya. Siapa tau riwayat tersebut bisa Anda pecahkan bukan?

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Setelah Anda mengetahui kenapa mata panda bisa timbul, sekarang mari kita bahas intinya mengenai cara menghilangkan mata panda. Bagaimana caranya? Tenang saja, saya pasti akan berikan untuk Anda, namun yang patut Anda ketahui adalah secara umum tips untuk menghilangkan mata ini hanya ada 3, ini adalah tips yang paling alami se-alami mungkin. Bagaimana saja caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan Es Batu

Es batu menjadi alternatif utama untuk menghilangkan mata panda. Dinginnya es batu mampu untuk melembabkan mata dan mengurangi kantung mata. Cara menghilangkan mata panda:
  1. Ambil sebongkah es batu, lalu pecahkan menggunakan palu hinga potongannya menjadi agak kecil tapi jangan terlalu kecil. Kira-kira sebesar ukuran bola pingpong sudah cukup.
  2. Setelah itu bungkus satu buah es batu yang sudah sebesar bola pingong tadi dengan kain lap halus dan pastinya harus bersih.
  3. Kemudian celupkan dulu ke air agar kainnya menjadi basah dan diamkan sejenak agar dinginnya es batu bisa di resap oleh kain lap.
  4. Terakhir Anda hanya perlu mengusapnya perlahan ke seluruh area sekitar mata.
  5. Usapkan selama 5 menit agar Anda mata menjadi rileks dan kembali segar.
  6. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai kantung mata Anda hilang.

2. Gunakan kantung teh celup bekas

Cara yang kedua ini menggunakan kantung teh celup bekas, jadi jika Anda sudah selesai membuat teh celup jangan dibuang dulu kantungnya jika Anda punya masalah dengan mata panda karena bisa dimanfaatkan untuk menghilangkannya. Cara menggunakan kantung teh celup untuk mengatasi kantung panda :
  1. Ambil teh celup bekas, secukupnya saja.
  2. Kompres area sekitar mata Anda menggunakan kantung teh celup bekas tadi.
  3. Lakukan selama 10 sampai 15 menit sampai kantung mata terlihat samar-samar.

3. Gunakan mentimun atau timun

Sayuran yang satu ini selain nikmat di santap sebagai lalapan ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan kantung panda. Cara menghilangkan kantung panda dengan mentimun adalah sebagai berikut:
  1. Ambil sepotong buah mentimun, iris-iris menjadi beberapa bagian
  2. Ambil 2 iris mentimun tadi, lalu tempelkan pada kedua mata Anda
  3. Diamkan selama 10 menit sambil Anda tiduran dan mendengarkan musik juga bisa
  4. Dinginanya timun akan membuat mata menjadi lembab dan garis hitam di area sekitar mata Anda lama kelamaan akan hilang.

Cara Mencegah Mata Panda Timbul Kembali

Sekarang setelah Anda mengetahui apa penyebab mata panda dan bagaimana cara menghilangkan mata panda, Anda juga harus mengetahui hal-hal yang harus di hindari agar mata panda tidak menyerang Anda kembali, berikut ini caranya dan siap-siap mengetakan sayonara mata panda!.

1. Tidur Yang Cukup

Karena salah satu pemicu utama mata panda adalah kurang tidur, jadi untuk menghindarinya Anda hanya perlu beristirahat dalam durasi yang dianjurkan, yaitu minimal 7 jam setiap harinya dan hentikan sejenak pekerjaan Anda jika mata sudah merasa lelah.

2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah

Sayur dan buah memberikan nutrisi berupa vitamin untuk menetralisir dan mendetoksinasi racun yang menyebabkan mata panda.

Baca juga : Makanan yang harus anda makan jika ingin mata anda menjadi sehat

3. Kurangi konsumsi fast-food terlalu sering

Jika Anda sering sarapan dengan makanan cepat saji, sosis atau nuget misalnya, lebih baik hindari kebiasaan buruk tersebut, karena makanan cepat saji atau fast food dapat menyebabkan mata panda.

Baca juga : Inilah penyebab kantung mata hitam meskipun sudah tidur cukup

Demikian pembahasan penyebab mata panda, cara menghilangkan mata panda, dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar tidak mengalami mata panda. Demikian semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : 3 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Mudah