Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan – Berat badan yang meningkat drastis merupakan hal umum yang terjadi pada wanita yang sedang hamil, dan itu akan berlanjut pada masa setelah melahirkan. Beberapa area tubuh wanita yang mengalami pembesaran adalah perut, pinggul, dan dada. Membesarnya bagian-bagian tubuh tersebut membuat para ibu mengeluh dengan penampilan mereka.

Menurunkan berat badan secara dratis memang sulit untuk dilakukan. Satu hal penting yang harus Anda ingat baik-baik: diet ketat yang dilakukan oleh wanita setelah melahirkan akan berpengaruh buruk terhadap bayi yang sedang disusuinya.



Kerutan pada perut dan lapisan lemak setelah melahirkan adalah masalah yang bersifat sementara dan akan kembali normal setelah beberapa bulan jika disertai diet sehat dan olahraga yang rutin. Ramuan herbal yang terbuat dari sayur-sayuran dan buah-buahan adalah cara efektif untuk membentuk perut agar kembali seperti sedia kala. Berikut adalah beberapa cara alami untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan:

Kayu Manis
Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan menggunakan kayu manis adalah dengan mencampur 2 liter air putih, 2 inci kayu manis dan 2 cengkeh. Rebus semua bahan tersebut hingga mendididih, lalu diamkan sementara sampai menjadi hangat, kemudian tambahkan 1 sendok madu. Minum larutan tersebut secara rutin setidaknya selama 40 hari. Ramuan tradisional tersebut sudah lama digunakan oleh leluhur kita untuk menurunkan jumlah lemak yang berlebih pada perut.

Sayur Sup
Beberapa sayuran diketahui mengandung fitonutrien, yaitu zat yang mampu mengurangi lemak berlebih pada beberapa bagian tubuh, termasuk di perut. Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan menggunakan sayuran adalah membuat sup yang terdiri dari kale, kubis, brokoli, bunga kol dan kaldu. Mengonsumsi sup sayur sebagai pengganti nasi akan membantu mengendalikan jumlah serapan karbohidrat dalam tubuh.

Diet Sehat dan Seimbang
Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan berikutnya adalah melakukan diet sehat dan seimbang. Diet yang baik harus diimbangi dengan asupan nutrisi, mineral dan vitamin yang cukup. Hindari makanan cepat dan perbanyak menu makanan yang banyak mengandung serat dan gizi, misalnya sayur-sayuran, buah-buhan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak dan daging tanpa lemak. Kandungan serat dalam makanan tersebut akan membantu menurunkan lemak yang terdapat di perut.

Menyusui Bayi
Menyusui adalah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang efektif. Menyusui akan membakar 500 kalori dalam sehari. Selain mengandung zat antibodi yang bermanfaat bagi bayi, menyusui juga membuat ikatan emosional antara ibu dan anak semakin kuat. Gunakan Korset / Stagen Korset berguna untuk mengurangi pembengkakakan dan membentuk otot perut agar kembali seperti semula, sama seperti saat sebelum sang ibu melahirkan. Secara langsung, korset akan membuat perut terlihat lebih langsing sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Dalam jangka panjang , pemakaian korset selama beberapa bulan akan membantu membentuk punggung menjadi lebih tegak.

Usaha yang dilakukan sebagai cara untuk menurunkan berat badan bagi seorang wanita setelah melahirkan harus tetap mempertimbangkan kebutuhan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang disusuinya. Wanita yang sedang menyusui membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang lebih tinggi, karena itu sangat tidak disarankan bila Anda mengurangi jumlah asupan makanan secara drastis.

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan