Cara Buang Angin Dalam Perut

Gas dan Perut kembung terjadi karena proses pencernaan tubuh secara alami pada saat kita mencerna makanan. Nah, ketika gas tersebut tidak dikeluarkan oleh tubuh melalui buang angin atau sendawa, maka gas akan menumpuk di saluran pencernaan dan menjadi penyebab perut kembung. Baca selengkapnya untuk cara buang angin dalam perut.

Jangan berlama-lama menahan gas dalam perut anda. Banyak orang terpaksa mengkondisikan tubuh mereka untuk menahan gas supaya tidak kentut di hadapan teman-temannya. Sebenarnya, mengeluarkan gas adalah fungsi tubuh yang dapat membantu melepas produk sampingan dari hasil pencernaan makanan.

Gambar Buang Angin Dalam Perut (Credit to Uraian Sehat)

Cara Buang Angin Dalam Perut

Cara buang angin dalam perut ini merupakan cara terbaik agar gas dalam perut anda berkurang. Berikut cara sederhana buang angin dalam perut yang dapat anda lakukan:
  • Jika anda sulit buang angin, coba aturlah posisi badan anda supaya gas mudah untuk dikeluarkan. Baring dan kendurkan otot sampai tekanan pada perut dan usus benar-benar hilang.
  • Jalan cepat saat menaiki atau menuruni tangga akan membantu proses pembuangan gas. Nah, pada saat anda merasa ingin segera kentut, coba amati depan dan belakang anda, jika tidak ada orang, segera buang angin di tangga.
  • Gunakan bantalan atau kompress panas untuk meredakan tekanan di perut akibat gas. Coba tempelkan botol air panas atau kompres panas di perut anda. Lapisi dengan handuk sehingga tidak langsung menyentuh kulit perut anda. Diamkan sejenak botol atau kompres untuk memaksa gas keluar dari tubuh anda.
  • Mint dan chamomile berkhasiat membantu pencernaan dan meringankan sakit perut anda. Celupkan dalam air panas sehingga angin dapat keluar dari perut anda.
  • Siapa yang tidak kenal bawang putih. Yup, bawang putih dapat menstimulus sistem lambung dan mengurangi gas yang bikin perut kembung. Anda bisa membuat sup bawang putih atau belilah suplemen bawang putih di apotek terpercaya di kota anda.
  • Minum obat yang mengandung simetikon yang bermanfaat untuk mengatasi pembentukan gas dalam perut anda.
Baca juga cara sehat hidup lain tentang:
Lakukan cara buang angin dalam perut tersebut agar tekanan gas dalam tubuh berkurang. Selain itu, hindari juga makanan yang menyebabkan gas berlebihan dalam perut seperti kacang-kacangan, biji-bijian, susu, keju, ice cream, dan minuman soda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel kesehatan terkait : Cara Buang Angin Dalam Perut