Benarkah Bayi Dapat Berenang Secara Alami?

Banyak orang beranggapan bayi mampu berenang. Benarkah bayi dapat berenang secara alami?

Anggapan tersebut muncul setelah mereka melihat video bagaimana bayi dimasukkan ke dalam kolam renang dan langsung refleks berenang. Video bayi bisa berenang memak akhir-akhir ini ramai dibicarakan terutama oleh para orang tua yang penasaran akan kemampuan si kecil.

Pertaan yang timbul adalah: "Bisakah bayi benerang di kolam renang secara alami?"

Bayi Berenang dan bermain air (Gambar Shutterstock)
Jawabannya adalah tidak, karena bayi tidak punya kemampuan untuk berenang di air dalam ketinggian berapapun. Tetapi bayi secara refleks akan melakukan sesuatu saat didalam air atau kolam renang.

Sejak si kecil lahir sampai dengan usia 6 bulan, bayi mempunyai kemampuan diving reflex, yaitu saat kepalanya masuk ke dalam air maka ia dengan spontan akan menahan nafas dan mata akan tetap terbuka untuk melihat.

Selain itu, jika bayi diposisikan tengkurap maka ia akan segera menggerakkan tangan dan kaki seolah-olah ia perenang mahir. Karena gerakan refleks inilah maka bayi terlihat seakan-akan dapat berenang dengan sendirinya saat dimasukkan kedalam kolam air.

Walaupun demikian the Academy of American Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa gerakan refleks tersebut tidak berarti bayi bisa berenang. Sebab bayi belum dapat menahan nafas secara teratur seperti halnya orang berenang serta belum mampu mengangkat kepala ke atas air dengan baik.

Bahkan tindakan memasukkan kepala bayi ke dalam air yang dingin akan meningkatkan resiko bayi mati mendadak (sudden infant death syndrome).

the Academy of American Pediatrics (AAP) juga menyatakan bahwa latihan renang sebaiknya baru dimulai setelah usia 4 tahun karena usia kurang dari 4 tahun beresiko tenggelam.

Jadi pertanyaan Benarkah Bayi Dapat Berenang Secara Alami? dapat dijawab yaitu tidak! Tidak betul bayi dapat berenang secara otomatis. Jika orang tua ingin mengenalkan air pada bayi maka mulailah dengan bermain air hangat di kolam yang ketinggian airnya diatur atau tidak membuat bayi dapat tenggelam. Ajarilah anak berenang saat usianya lebih dari 4 tahun. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Benarkah Bayi Dapat Berenang Secara Alami?