Perbedaan Gatal Karena Alergi dan Gigitan Nyamuk atau Serangga

Perbedaan Gatal Karena Alergi dan Gigitan Nyamuk atau serangga mudah bagi orang dewasa tetapi tidak bagi balita. Si kecil yang belum dapat menyatakan keluhan, biasanya akan mengungkapkannya dalam bentuk tangisan. Jika sudah begini, orang tua perlu peka untuk mencari tahu apa penyebab gatal pada balita, apakah karena alergi atau karena gigitan nyamuk atau serangga?

Untuk meminimalisir nyamuk dan serangga menggigit kulit si kecil maka pastikan agar tempat tidur dan ruangan bebas nyamuk dan serangga. Selain itu anda dapat memasang kelambu anti nyamuk pada tempat tidur bayi agar tidak ada nyamuk yang datang terutama di malam hari.

Seandainya upaya anda sudah maksimal namun si kecil menangis, maka belum tentu karena alergi, sebab bisa jadi karena gigitan nyamuk atau serangga. Berikut ini perbedaan gatal yang terjadi karena alergi dan gigitan nyamuk atau serangga:


A. Gatal karena alergi

Alergi adalah reaksi berlebihan tubuhan karena adanya rangsangan dari luar. Ketika mengalami alergi, tubuh memproduksi antibodi IgE untuk mengikat zat penyebab alergi (alergen).

Antibodi yang telah terbentuk akan melengkat pada sel mast. Sel mast yaitu sel yang menyebabkan berbagai bahan kimia ke dalam darah seperti histamin. Histamin adalah senyawa kimiawi yang berperan menyebabkan reaksi alergi.

Biasanya gatal karena alergi muncul bersamaan dengan gejala lain, seperti bersin, ingus, mata gatal dan berair, serta bercak merah di kulit.

B. Gatal karena gigitan serangga

Ketika balita terkena gigitan nyamuk atau serangga, reaksi awal yang muncul adalah rasa gatal. Setelah itu muncul benjolan kecil berwarna merah di kulit. Contohnya, benjolan kecil merah terjadi karena bekas tusukan nyamuk setelah menghisap darah. Benjolan kecil merah adalah respon tubuh terhadap protein yang bersumber dari air liur nyamuk saat menghisap darah. Benjolan tersebut tidak akan menyebar ke seluruh kulit tubuh dan dapat hilang dalam waktu 1-2 hari.

Anda perlu ingat bahwa gatal karena alergi dan gigitan nyamuk atau serangga merupakan dua hal yang berbeda. Gatal akibat alergi dapat diatas dengan menghindari faktor penyebabnya. Adapun untuk mencegah nyamuk atau serangga menggigit kulit si kecil maka anda dapat memasang kelambu, mengoleskan losion anti nyamuk khusus bayi.

Demikian penjelasan terkait perbedaan gatal karena alergi dan gigitan nyamuk atau serangga. Melalui penjelasan ini diharapkan anda kini dapat memahami dan tidaklagi salah mengartikan gatal yang diderita oleh buah hati anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Perbedaan Gatal Karena Alergi dan Gigitan Nyamuk atau Serangga