Bahaya BAB berdarah Perlu Anda Waspadai

BAB berdarah, perlukah khawatir? Hati-hati jika anda buang air besar berdarah, sebab mungkin anda menderita penyakit berbahaya ini. Simak penjelasan bahaya BAB berdarah di bawah ini.

Keluhan buang air berdarah kerap kita dengar sebagai salah satu masalah kesehatan dihadapi sebagian orang. AKibat pola makan kurang serat serta sering konsumsi makanan siap saji membuat masalah BAB berdarah semakin sering ditemui.

Pada umumnya BAB berdarah dikeluhkan dalam bentuk cairan berwarna merah atau menetesnya darah setelah BAB.

Penyebab BAB berdarah tergantung dari warna darah yang dikeluarkan. Jika darah yang keluar berwarna hitam artinya ada gangguan saluran pencernaan tengah dan atas, sedangkan jika darah yang keluar berwarna merah segar artinya ada gangguan pencernaan bawah. Selain itu, penyebab BAB berdarah yaitu kanker saluran pencernaah.

a. BAB berdarah akibat gangguan saluran Pencernaan atas

Pada kasus BAB berdarah akibat gangguan saluran pencernaan atas, ciri-ciri warna darah yang timbul adalah akibat dari reaksi darah yang bercampur dengan asam lambung. Ini karena tukak lambung dan radang lambung (gastritis) sering menjadi penyebab utamanya.


b. BAB berdarah akibat gangguan saluran Pencernaan bawah

Pada kasus ini, yang keluar adalah darah merah segar. Umumnya darah menetes setelah selesai buang air besar atau bercampur dengan feses.

Darah merah segar yang menetes setelah selesai BAB biasanya akibat wasir atau hemoroid. Karena penderita penyakit wasir akan mengalami pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus, yang bisa berdarah jika ia mengejan atau mengeluarkan feses terlalu keras.

c. BAB berdarah akibat kanker saluran pencernaan

Nah yang berbahaya adalah ketika BAB berdarah disebabkan kanker pencernaan. Beberapa penyebab yang menyebabkan kondisi ini yaitu:
  • Usia lebih dari 40 tahun dan frekuensi BAB mulai berkurang.
  • Usia lebih dari 60 tahun dan perdarahan terjadi lebih dari 6 minggu.
  • Memiliki gejala anemia.
  • Mempunyai riwayat kanker saluran pencernaan di keluarga.
Jika Anda tidak ingin mengalami BAB berdarah, terapkan pola makan sehat dengan konsumsi serat, menghindari junk food, dan rajin berolah raga. Menu makan yang sehat yang disertai dengan aktivitas olah raga fisik diyakini cukup mampu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Demikian penjelasan tentang bahaya BAB berdarah. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel kesehatan terkait : Bahaya BAB berdarah Perlu Anda Waspadai