Bahaya Obat Nyamuk Semprot Bagi Kesehatan Bayi

Banyak nyamuk membuat orang berpikir pintas memakai obat nyamuk semprot padahal ada bayi di rumah anda. Jika anda sering menggunakan obat nyamuk semprot untuk mematikan nyamuk. Baca keseluruhan artikel ini sehingga anda tahu bahaya obat nyamuk semprot bagi kesehatan bayi.

Obat nyamuk semprot adalah salah satu obat nyamuk favorit yang mudah untuk mematikan nyamuk. Ada yang berpendapat bahwa obat nyamuk semprot tidak menyebabkan gangguan pernafasan. Tetapi berhati-hatilah menggunakan obat nyamuk semprot apalagi jika ada si kecil di rumah anda.

Faktanya, pada saat obat nyamuk disemprot ke ruangan maka bayi pun dapat ikut menghirup obat nyamuk. Kandungan kimia dari obat nyamuk semprot akan masuk ke hidung, tenggorokan, paru-paru, jantung, dan lainnya.

Tentu saja ini sangat berbahaya bagi kesehatan bayi sebab organ bayi masih terus berkembang. Berbeda halnya dengan organ tubuh orang dewasa yang sudah sempurna, tubuh si kecil belum "matang" dalam mengeluarkan racun dari tubuhnya.

Selain itu, jumlah napas per menit si kecil lebih banyak dari orang dewasa sehingga udara yang tercemar yang terhirup menjadi lebih banyak daripada orang dewasa.

Ilustrasi obat nyamuk semprot (Credit to Thinkstock)
Terdapat beberapa penelitian tentang efek obat nyamuk semprot bagi kesehatan bayi:
  • Sebuah studi pada anak-anak suku Yaqui Indian di Meksiko membuktikan bahwa susunan fungsi otak dan sistem saraf anak-anak menjadi terganggu akibat terpapar obat nyamuk selama masa tumbuh kembang anak. Gangguan ini mempengaruhi perilaku sosial dan kemampuan mereka untuk menggambar.
  • Beberapa penelitian telah menghubungkan obat nyamuk semprot selama kehamilan dan masa kanak-kanak dengan kemungkinan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), yaitu gangguan pada perkembangan otak yang mengakibatkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, dan sulit fokus.
  • Dengan menggunakan teknologi MRI, para peneliti menemukan fakta akibat paparan terhadap obat nyamuk semprot bisa mengubah arsitektur otak anak-anak.
Nah jika di rumah anda banyak nyamuknya, sebaiknya gunakan kelambu atau raket nyamuk elektrik saja yang tidak menyebabkan udara tercemar sehingga aman bagi kesehatan si kecil. Selain itu anda juga dapat menaruh tanaman anti nyamuk di pekarangan rumah anda untuk mengurangi kehadiran nyamuk di rumah anda. Beberapa tanaman anti nyamuk antara lain serai wangi, lemon balm, marigold, daun selasih, bunga lavender, bawang putih, bunga rosemary, dan kecombrang.

Demikian pembahasan tentang obat nyamuk semprot bagi kesehatan bayi, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Bahaya Obat Nyamuk Semprot Bagi Kesehatan Bayi