5 Ciri-ciri Keputihan Yang Tidak Normal Ini Perlu Diwaspadai Wanita

Ciri-ciri keputihan yang tidak normal perlu diketahui oleh setiap wanita, sebab setiap wanita pernah mengalami keputihan pada organ kewanitaanya. Normalnya kelenjar di dalam Miss V memproduksi agar Miss V tidak kering serta dapat mengeluarkan sel-sel mati dan kuman sehingga Miss V tetap bersih.

Biasanya ciri-ciri keputihan yang normal yaitu bening, bau, tidak gatal, dan tidak menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Tetapi tanda keputihan tidak normal berbeda dengan normal sebagaimana penjelasan dibawah ini.

Kapan Keputihan Menjadi Tidak Normal

Cuaca panas membuat tubuh wanita menjadi lembab, termasuk Miss V. Kondisi ini tentu saja tidak baik sebab dapat membuat bakteri berkembang cepat menyebabkan gatal-gatal, iritasi, hingga keputihan yang tidak normal.

Keputihan Yang Tidak Normal perlu diwaspadai dengan mengetahui ciri-cirinya (Gambar Shutterstock)

Berikut 5 ciri-ciri keputihan yang tidak normal yang perlu wanita ketahui:
  • Berwarna abu-abu, hijau, kuning, atau disertai dengan bercak darah.
  • Baunya tidak sedap seperti bau amis atau daging busuk.
  • Konsistensi menjadi sangat padat atau bergumpal-gumpal seperti keju.
  • Jumlahnya sangat banyak.
  • Disertai gatal-gatal, perih di sekitar mulut Miss V, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut bawah, nyeri saat berhubungan dengan suami, mengalami perdarahan di luar siklus menstruasi atau setelah berhubungan dengan suami.
Ciri-ciri keputihan tersebut biasanya menunjukkan bahwa keputihan diakibatkan oleh infeksi kuman seperti bakteri, jamur, parasit, dan virus. Kuman-kuman ini dapat berasal dari flora normal di dalam Miss V maupun akibat infeksi akibat hubungan intim dengan kelompok rentan.

Keputihan tidak normal juga bisa diakibatkan oleh kondom atau tampon yang tertinggal di Miss V atau akibat anda terlalu sering mencuci bagian dalam Miss V(douching). Douching akan mengganggu keseimbangan flora normal Miss V yang dapat menyebabkan keputihan.

Keputihan yang tidak normal perlu segera diobati karena infeksi dapat masuk ke rahim dan bagian dalam panggul. Dalam jangka pendek jika tidak segera diobat maka dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit radang panggul. Sedangkan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Jika perlu pakailah pantyliner yang mengandung antiseptik alami yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab keputihan tidak normal. Penggunaan pantyliner perlu disertai dengan aturan pemakaian yang benar yaitu gantilah pantyliner setiap tiga jam.

Karena itu, jika Anda mengalami ciri-ciri keputihan yang tidak normal dan tak kunjung sembuh, segera berkonsultasi ke dokter. Hal ini penting agar pengobatan keputihan keputihan dilakukan secara tepat tepat. Akhir kata, jagalah kesehatan organ kewanitaan anda agar selalu sehat dan bersih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : 5 Ciri-ciri Keputihan Yang Tidak Normal Ini Perlu Diwaspadai Wanita