Usia Muda Bukan Berarti Bebas Keriput

Usia muda bukan berarti bebas keriput. Untuk itulah anda perlu ketahui apa yang menjadi penyebab kulit mulai keriput padahal masih berusia muda. Dengan mengetahui penyebab keriput di usia muda, anda lebih menjaga kesehatan serta terhindar dari penuaan dini.

Setiap wanita akan galau jika kulitnya mulai berkeriput, apalagi saat masih berusia muda. Ya, usia muda tidak menjamin kulit bebas keriput. Kerutan halus biasanya ada di area lipatan wajah seperti garis senyum dan dahi. Beberapa faktor yang menyebabkan kerutan di kulit muncul adalah sebagai berikut:

Keriput bisa terjadi pada usia muda (Gambar Shutterstock)
Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kulit keriput.

1. Tabir Surya

Tidak pernah atau jarang memakai tabir surya (pelindung dari sinar UV).

2. Radiasi UV

Sinar matahari saat siang perlu dihindari sebab musuh utama kulit. Radiasi UV akan mempercepat proses penuaan alami, sebab Paparan sinar UV memecah jaringan ikat kulit yang berisi serat kolagen dan elastin, yang ada di lapisan kulit dalam (dermis). Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit menjadi hilang kekuatan dan fleksibilitasnya, akibatnya kulit melorot dan keriput padahal belum waktunya.

3. Usia

Makin bertambah usia seseorang, makin kurang elastis kulitnya. Hal ini karena berkurangnya produksi minyak alami bisa mengeringkan kulit dan tampak lebih keriput.

4. Merokok

Faktor lain yang mengakibatkan kerutan di kulit yaitu kebiasaan buruk merokok. Salah satu dampak buruk merokok adalah mempercepat penuaan dini pada kulit. Hal ini karena perubahan supply darah ke kulit si perokok.

5. Sayur dan buah

Sayur dan buah terutama yang mengandung antioksidan tinggi bermanfaat melawan radikal bebas yang dapat menyebakan penuaan dini berupa kerutan di wajah sebelum waktunya. Beberapa Sayur dan buah yang mengandung vitamin C dan E tinggi bermanfaat menjaga kadar kolagen. Kolagen sendiri adalah protein yang membangun tubuh, seperti tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit.

Makanan yang mengandung astaxanthin atau antioksidan poten juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan cara memperbaiki elastisitas kulit dan struktur kolagen pada kulit yang rusak akibat efek radikal bebas. Kandungan kolagen dan elastin juga bermanfaat untuk memperbaiki kelenturan kulit.

Jika Anda mempunyai faktor resiko penuaan dini berupa kerutan halus, sebaiknya berkonsultasi diri ke dokter spesialis kulit agar ditangani dengan baik. Meskipun kulit keriput tidak berbahaya, tetapi dapat mempengaruhi penampilan fisik seseorang.

Dari penjelasan diatas telah jelas bahwa usia muda bukan berarti bebas keriput. Untuk itulah, hindari penyebab penuaan diri dan lakukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup anda. Anda dapat membaca info kesehatan dan kecantikan di artikel kami yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Usia Muda Bukan Berarti Bebas Keriput