Bahaya Sering Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Kebanyakan orang merasa malu jika harus kentut di tempat umum, sehingga keinginan untuk kentut menjadi ditahan supaya orang di sekitar anda tidak resah mencium bau kentut anda. Namun tahukah dibalik menahan kentut tersimpan beberapa gangguan kesehatan yang akan dialami oleh anda? Inilah bahaya menahan kentut bagi kesehatan

Kentut adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih di dalam usus. Kelebihan gas tersebut bisa terjadi karena konsumsi makanan tertentu. Selain itu kelebihan gas juga bisa terjadi karena proses kimiawi di dalam tubuh manusia.

Bahaya Sering Menahan Kentut Bagi Kesehatan


Komponen penyusun gas kentut terdiri atas 59% nitrogen (N), 21% hidrogen (H), 9% karbondioksida (CO2), 7% metana (CH4), dan 4% oksigen (O2). Diantara unsur gas tersebut, sekitar 1% mengandung sulfur (S) yang merupakan penyebab bau kentut busuk.

Setiap orang normal bisa kentut antara 1-20 kali dalam sehari. Jika lebih dari itu, maka kemungkinan anda mengidap penyakit sindrom iritasi usus, maag, intoleransi gluten, intoleransi laktosa, sulit BAB, atau bahkan kanker.

Bahaya akibat sering menahan kentut tidak baik sebab berdampak pada kesehatan, antara lain:

1. Perut kembung

Seperti telah dibahas di atas, kentut adalah cara tubuh mengeluarkan gas berlebih di usus. Oleh sebab itu, jika Anda sering menahan kentut, kemungkinan besar anda akan mengalami perut kembung. Salah satu komplikasi dari perut kembung jika dibiarkan adalah angin duduk.

2. Keracunan gas

Gas metana sebagai salah satu unsur kentut seandaianya tidak kita keluarkan maka dapat berubah menjadi toksin atau racun. Oleh sebab itu, sering menahan kentut berhubungan erat dengan keracunan. Meskipun hal ini masih diperdebatkan para ahli, tetapi tidak ada salahnya jika mewaspadai berlebihnya gas metana di tubuh kita.

3. Wasir

ketika Anda menahan kentut maka otot anus menegang dan pembuluh darah melebar. Jika suka menahan kentut dalam jangka waktu lama maka kemungkinan anda akan mengidap penyakit wasir. Jika sudah dalam kondisi ini maka keluhan lain akan menyertai seperti BAB berdarah, gatal di anus, nyeri bokong saat duduk, dan anemia.

4. Infeksi divertikulosis

Jika anda suka menahan kentut maka usus akan tertekan oleh gas-gas. Tekanan inilah yang akhirnya dapat menyebabkan kantung dinding usus atau divertikula. Divertikula dapat terkena infeksi kuman yang mengakibatkan divertikulosis.

5. Peritonitis

Penyebab peritontitis adalah peradangan di jaringan yang melapisi dinding dalam perut(peritoneum). Peritonitis adalah salah satu komplikasi akibat infeksi divertikulosis kronis.

Gejala umum peritonitis yaitu cepat lelah, panas demam tinggi, perut kembung, detak jantung meningkat, mual yang disertai muntah, dan sulit BAB. Peritonitis merupakan kondisi emergensi sehingga perlu tindakan medis darurat sebab jika dibiarkan dapat mengancam jiwa penderitanya.

Setelah anda mengetahui bahaya sering menahan kentut bagi kesehatan, akankah kebiasaan ini dilanjutkan? Solusi agar anda tidak malu karena kentut bau yaitu sejenak anda keluar ruangan dan kentut lah di alam bebas atau toilet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Bahaya Sering Menahan Kentut Bagi Kesehatan