Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Saat Puasa Ramadhan

Kurma adalah salah satu buah dari negeri Timur Tengah yang sering kita jumpai ketika bulan puasa. Harga buah kurma berbeda-beda. Buah kurma Tunisia dan Madinah biasanya lebih dihargai lebih mahal daripada buah kurma dari tempat lainnya. Rasa manis buah kurma mampu memulihkan energi yang hila setelah kita menunaikan ibadah puasa shaum Ramadhan.

Dengan mengkonsumsi buah kurma kala berbuka maka perut kita dapat kenyang dan mengontrol nafsu makan sehingga dapat tenang menjalankan shalat maghrib. Melalui artikel kali ini penulis mengajak pembaca untuk mengetahui manfaat buah kurma untuk kesehatan saat puasa Ramadhan tiba.

Kurma bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi terbaiknya yaitu gula 75-87% (55% dalam bentuk glukosa dan 45% dalam bentuk fruktosa). Kurma juga memiliki sejumlah vitamin seperti A, B2, dan B12. Melihat begitu banyak orang yang berbuka puasa dengan buah kurma, yuk kita simak rahasia buah kuah bagi kesehatan orang yang berpuasa.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Orang Yang Berpuasa

1. Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah

Ketika kita sahur dan berbuka puasa maka tingkat keasaman darah cenderung meningkat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan daging. Nah memakan buah kurma dapat memberikan manfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah. Oleh karena itu, sebelum anda menyantap menu makanan buka puasa terlebih dahulu memakan beberapa buah kurma. Selain baik bagi kesehatan juga mendapatkan pahala karena mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW.

2. Mencegah Sembelit

Kurma kaya akan serat sehingga akan sangat efektif dalam mengatasi dan mencegah masalah dalam saluran pencernaan. Dengan rutin memakan buah kurma dikala berbuka dan sahur maka insya Allah akan dapat mencegah sembelit.

3. Sumber energi

Kurma mengandung kadar glukosa yang tinggi dan merupakan sumber energi yang sangat baik yang dapat memulihkan kebugaran setelah seharian kita menjalani ibadah puasa Ramadhan. Namun bagi penderita diabetes harap agar jangan mengkonsumsi terlalu banyak kurma karena kadar gula dikhawatirkan akan meningkat drastis.

4. Mencegah anemia

kurma mengandung sejumlah mineral yang sangat tinggi, namun kandungan zat besi yang tinggi menjadikan kurma sebagai suplemen diet bagi penderita anemia. Dengan zat besi yang baik maka penderita anemia akan merasa lebih bertenaga dan aktif menjalankan aktivitas kesehariannya.

5. Menjaga kondisi sistem pencernaan

Ketika seseorang berpuasa lalu menyantap menu buka puasa dengan makan makanan yang berat seperti nasi dan daging maka akan membuat kaget lambung dan usus kita. Oleh karena itu awali kebiasaan berbuka puasa dengan beberapa buah kurma sehingga kesehatan sistem penceranaan anda terjaga.

6. Menjaga kesehatan tulang

Buah kurma kaya akan kandungan mineral sehingga buah ini merupakan makanan super untuk kesehatan dan kekuatan tulang dalam melawan osteoporosis. Kurma mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, selenium, dan magnesium. Sejumlah mineral tersebut berperan penting sebagai komponen untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Bagi anda yang muda, yang sedang tua, atau bahkan lansia serta bagi anda yang sedang proses pemulihan patah tulang jangan lupa makan buah kurma.

Buah kurma adalah buah yang mudah dicerna dan ternyata mengandung sejumlah manfaat jika anda melakukan cara sehat hidup selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Demikian penjelasan mengenai manfaat buah kurma untuk kesehatan saat puasa ramadhan, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Saat Puasa Ramadhan