Manfaat dan Dampak Puasa Untuk Kesehatan

Manfaat dan dampak puasa untuk kesehatan sungguh luar biasa dan sudah terbukti secara ilmiah. Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib yang dinantikan oleh umat Muslim sedunia yang datang hanya satu bulan dalam kalender hijriah. Selain banyak pahala, ibadah puasa juga secara ilmiah berpengaruh bagis kesehatan jiwa raga kita.

Manfaat dan dampak puasa untuk kesehatan yang utama adalah sebagai sarana untuk mengeluarkan toksin (racun) dari dalam tubuh (proses detoksifikasi). Selama satu bulan lamanya maka melalui puasa Ramadhan tubuh akan rutin melakukan proses detoksifikasi dengan menggunakan cadangan lemak yang akan membakar setiap racun atau toksin yang ada pada tubuh kita. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yang akan penulis ulas dibawah ini.



Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan daya ingat dan fungsi otak

Ketika kita menjalani puasa maka neutropik akan mengalami peningkatan, sehingga mekanisme tubuh akan memproduksi sel otak yang lebih banyak daripada biasanya yang pada akhirnya kinerja otak akan meningkat. Dengan demikian orang yang sering berpuasa lebih rendah potensinya untuk mengalami kepikunan.

2. Menurunkan tingkat stres

Selama menjalani ibadah puasa, maka kita akan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan demikian secara psikis orang tersebut akan merasa rileks dan tenang. Selain itu, hormon kortison mengalami penurunan yang dapat menurunkan gejala stres yang dialami.

3. Menurunkan tensi

Salah satu manfaat puasa yaitu mengurangi tensi atau tekanan darah para penderita hipertensi. Dengan berpuasa maka resiko aterosklerosis akan berkurang. Aterosklerosis yaitu tersumbatnya arteri oleh lemak yang membuat darah tinggi. Selama berpuasa glukosa, lemak, hormon adrenalin dan noradrenalin juga berkurang sehingga membuat metabolisme tubuh kita menjadi baik.

4. Meningkatkan sistem imunitas

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, maka limfosit akan meningkat sepuluh kali lipat daripada biasanya. Meningkatnya limfosit berdampak baik karena tubuh akan tahan dari serangan virus atau bakteri. Dengan berpuasa maka tubuh akan senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang ada.

5. Menurunkan Kadar kolesterol

Orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantungan dan stroke. Namun ada anomali dimana beberapa orang yang berpuasa justru meningkat kadar kolesterol nya. Untuk menurunkan kadar kolesterol anda mesti memperhatikan pola makan sehat selama puasa Ramadhan.

6. Terhindar dari paparan asap rokok

Sebagian muslim adalah perokok aktif. Nah jika anda baik perokok aktif maupun pasif, melalui puasa maka dampak buruk asap rokok akan dapat diminimalisir setidaknya selama waktu berpuasa.

7. Mengendalikan berat badan

Puasa juga bermanfaat dalam mengendalikan berat badan. Boleh dikatakan menjalankan puasa ramadhan artinya menjalani ibadah wajib dengan segudang pahal sekaligun dapat mengontrol berat badan kita. Tentu saja berat badan anda tergantung pola makan yang anda lahap selama sahur dan berbuka puasa.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Seperti kita ketahui ginjal berperan dalam menyaring zat-zat berbahaya yang berasal dari makanan maupun minuman. Fungsi ginjal akan dapat maksimal bilamana osmosis urine dalam tubuh mencapai 1000 s.d 12.000 ml osmosis/kg air. Nah kabar baiknya, kekuatan osmosis bisa tercapai melalui puasa sehingga fungsi ginjal dapat berjalan secara maksimal.

9. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang kini banyak diderita oleh manusia. Sebagaimana kita ketahui bersama diabet disebabkan kadar gula yang tinggi melebihi normal didalam tubuh. Dengan puasa maka kita dapat mengendalikan asupan makanan manis yang mengandung gula.

Sedemikian banyak manfaat puasa bagi kesehatan selama bulan Ramadhan yang terbukti ilmiah. Baca juga manfaat konsumsi buah kurma.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Manfaat dan Dampak Puasa Untuk Kesehatan