Tips Sarapan Sehat Untuk Diet Yang Perlu Anda Perhatikan

Sarapan sering sekali disepelekan oleh banyak orang dengan alasan akan telat kerja, telat sekolah, bahkan karena bangun kesiangan. Padahal sarapan merupakan saat yang tepat bagi anda untuk mengisi nutrisi bagi tubuh sebelum anda melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu anda mesti tahu tips sarapan sehat untuk diet dan bagaimana menu makan yang baik dan berkualitas, yaitu makanan yang banyak mengandung serat, karbohidrat dan juga protein. Hal ini dimaksudkan agar menjelang makan siang tubuh tidak merasa lemas, tetap bertenaga, meningkatkan konsentrasi, dan juga memperlancar pencernaan.

Makanan yang mengandung karbohidrat biasanya terdapat pada nasi, roti maupun kentang. Sedangkan makanan yang mengandung protein biasanya terdapat pada lauk-pauk seperti tempe, tahu, ayam, ikan, telur, dan lauk-pauk lainnya. Dan bahan makanan yang memiliki serat tinggi bisa didapat dari buah-buahan segar. Ada yang berpikir bahwa sarapan akan menghancurkan diet, padahal sarapan saat diet adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Selain itu dengan sarapan sehat untuk diet, tubuh akan tetap terjaga kebugaran dan kesehatanya.

Sarapan Diet Dengan Telur

Untuk mendapatkan sarapan yang optimal bagi tubuh, berikut ini tips sarapan sehat untuk diet :

1. Pertama perhatikan waktu sarapan, waktu sarapan sehat untuk diet yang baik adalah 8-10 jam setelah makan malam. Ini karena setelah makan malam perut akan kosong dan tubuh sudah mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan metabolisme. Selain itu juga tubuh sudah siap untuk menerima gizi pertama di pagi hari.

2. Mengonsumsi glukosa karbohidrat, baik seperti sereal atau roti gandum. Makanan yang mengandung glukosa karbohidrat dapat membantu kemampuan memori otak. Jika tubuh tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat pagi hari maka fungsi memori otak tidak dapat bekerja dengan maksimal.

3. Perhatikan menu makanan. Menu sarapan sehat untuk diet yang baik adalah makanan yang mengandung rendah karbohidrat, tinggi protein dan juga serat :

a. Roti cokelat
Roti cokelat adalah salah satu menu sarapan yang baik karena roti cokelat memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Akan tetapi roti cokelat memiliki jumlah serat dan protein yang diperlukan saat menurunkan berat badan.

b. Bubur gandum
Menu sarapan sehat untuk diet yang rendah akan karbohidrat lainnya adalah bubur gandum. Bubur gandum memiliki kandungan serat yang dapat membantu pencernaan dan juga perut akan merasakan kenyang. Selain itu mengonsumsi bubur gandum pada saat sarapan akan mencegah rasa lapar lebih lama.

c. Telur
Tubuh membutuhkan kalsium untuk dapat beraktivitas. Kandungan kalsium dapat didapat melalui satu buah telur rebus yang mengandung 70 kalori dan 13% kebutuhan protein seharinya. Selain itu telur juga memiliki kandungan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. d. Sayuran
Makanan yang memiliki nutrisi sangat penting untuk tubuh salah satunya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau juga dapat membantu diet karena sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Biasanya sayuran dibuat salad untuk pelengkap menu sarapan.

4. Mengombinasikan menu sarapan sehat untuk diet dapat membuat anda tetap bersemangat untuk sarapan. Anda bisa mengkombinasikan makanan sesuai dengan selera anda, akan tetapi tetap mempertimbangkan keseimbangan karbohidrat, protein maupun serat yang berkualitas.

5. Menyusun menu sarapan sehat untuk diet dalam satu minggu, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu secara berbeda. Hal ini untuk mengurangi rasa bosan saat hendak sarapan karena menu yang sama setiap harinya akan membuat orang tidak selera makan.

6. Sediakan camilan pada saat sarapan. Camilan bisa dengan buah-buahan atau susu. Buah-buahan banyak mengandung vitamin yang akan membuat badan tampak terasa segar. Dan susu akan memberikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sekian tips sarapan sehat untuk diet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Tips Sarapan Sehat Untuk Diet Yang Perlu Anda Perhatikan