Makanan Untuk Kesehatan Mata Yang Terbaik

Makanan untuk kesehatan mata. Faktor makanan memegang peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Untuk itu kami akan berbagi info kesehatan yang terkait dengan tips menjaga kesehatan mata. Sebelumnya telah kita bahas bersama salah satu gangguan mata yaitu mata minus. Nah artikel kesehatan mata ini merupakan kelanjutan dari cara mengurangi minus mata. Yuk kita simak ulasan kesehatan berikut ini.

Apa saja makanan untuk kesehatan mata yang penting? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dibawah ini terdapat beberapa makanan terbaik yang dapat menjaga kesehatan mata anda.

Makanan Untuk Kesehatan Mata

Berikut ini beberapa sayuran dan buah terbaik untuk kesehatan mata yaitu :

1.Wortel

Sayuran untuk kesehatan mata terbaik yaitu wortel. Wortel memiliki sejumlah beta karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita. Manfaat wortel lainnya yaitu menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh kita.

2.Ikan Salmon

Ikan salmon kaya omega 3 yang bermanfaat mencegah gangguan pada mata sehingga kesehatan mata kita lebih terjamin.

3.Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari (Kuaci) mengandung zinc, selenium, dan vitamin A yang mampu mencegah gangguan mata seperti katarak dan gangguan mata akibat faktor usia. Selain itu, biji bunga matahari mengandung vitamin B2 yang bermanfaat mengatasi penyakit sensitifitas terhadap cahaya (photophobia).

4. Telur

Telur kaya sejumlah nutrisi seperti B12, Vitamin D, Zinc, Lutein, Zeaxanthin, dan vitamin A. Nah kandungan Litein, zeaxantihin, dan vitamin A yang terdapat dalam telur bermanfaat sebagai antioksidan terbaik yang berguna mencegah proses degenerasi makular dan penyakit katarak pada mata.

5. Bayam

Seperti halnya telur, bayam juga mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.

6. Bawang Putih

Bawang putih mengandung selenium, quercetin, vitamin B1, vitamin C, dan gluthione yang dapat melindungi lensa mata dari ancaman radikal bebas seperti sinar ultra violet (UV). Manfaat bawang putih lainnya yaitu memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh sehingga membantu mata agar tetap sehat.

7. Alpukat

Buah alpukat mengandung lutein yang berfungsi mencegah penyakit katarak. Selain itu alpukat juga berperan dalam penyerapan nutrisi utama seperti alfa dan beta karoten yang berguna membentuk vitamin A agar lebih mudah terserap tubuh.

8. Tomat

Buah tomat selain kaya vitamin C juga mengandung vitamin A dan likopen yang berfungsi menjaga fungsi mata agar tetap sehat.

9. Coklat Hitam

Manfaat coklat hitam dalam kesehatan mata yaitu mempertajam penglihatan. Hal ini disebabkan kandungan flavonoid yang bertugas melindungi pembuluh darah pada mata. Nah jika anda orang yang kurang suka wortel atau tomat, cobalah coklat hitam sebagai makanan untuk mata sehat.

10. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran terbaik untuk kesehatan mata. Brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi layaknya sebagai sunglassess untuk melindungi mata dari sinar UV. Selain itu konsumsi brokoli dapat menurunkan resiko katarak pada mata anda.

Itulah makanan untuk kesehatan mata yang terbaik. Rajin-rajinlah merawat kesehatan mata dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan diatas. Semoga info cara sehat hidup ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Makanan Untuk Kesehatan Mata Yang Terbaik