4 Penyebab Kantung Mata Hitam Meskipun Sudah Tidur Cukup

Sebelumnya telah kita bahas bagaimana cara mengatasi mata panda. Nah kali ini akan kita membahas apa penyebab kantung mata hitam meskipun sudah tidur cukup 8 jam semalam.

Pada umumnya kantung mata hitam muncul jika kurang tidur. Tapi tak jarang seseorang yang sudah tidur cukup semalaman namun keesokan harinya saat bercermin melihat lingkaran hitam di bawah mata terlihat mencolok tentunya membuat anda menjadi penasaran mengapa kantung mata itu terjadi.

Ada beberapa alasan penyebab lingkaran hitam atau kantung mata hitam walaupun anda sudah cukup tidur semalaman. Simak penjelasan lengkap dibawah ini.

penyebab kantung mata hitam meskipun sudah tidur cukup

1. Faktor Keturunan

Orang yang memiliki kulit cenderung gelap secara genetik mempunyai lingkaran hitam dibawah mata mereka. Hal ini sudah menjadi bahan kajian yang dilakukan oleh Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery.

Wanita berkulit hitam atau gelap paling banyak bermasalah dengan hiperpigmentasi yang terjadi ketika area kulit menjadi lebih gelap karena meningkatnya pigmen melanin yang mempengaruhi warna kulit.

2. Faktor Usia

Lingkaran hitam dapat juga terjadi seiiring penambahan usia. Hal ini terjadi karena kulit dibawah mata sangat tipis dan semakin menipis seiring penambahan usia seseorang. Lingkaran hitam besar yang tampak seperti cekungan kosong merupakan akibat dari berkurangnya kadar kelembaban dan elastisitas kulit dibawah area mata.

3. Alergi

Faktor penyebab lingkar hitam mata lainnya yaitu alergi. Kulit di bawah mata dapat berubah menjadi lebih gelap manakala anda sering menggosok mata karena alergi yang membuat kulit terasa gatal sehingga anda garuk.

Baca juga : Cara mengurangi mata minus

4. Fluktuasi Berat Badan

Kondisi gizi yang buruk dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu fluktuasi naik-turun berat badan yang cepat menyebabkan kehilangan volume pada wajah.

Baca juga : Makanan yang bikin mata anda tetap sehat

Nah itulah penyebab kantung mata hitam meskipun sudah tidur cukup selama delapan jam sehari. Baca juga cara sehat hidup lainnya dalam menjaga kesehatan mata yang baik dan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : 4 Penyebab Kantung Mata Hitam Meskipun Sudah Tidur Cukup