Keloid Akibat Telinga Ditindik

Ada efek samping yang mungkin akan dirasakan oleh orang yang menindik telinga, salah satunya keloid. Pada kasus Keloid akibat telinga ditindik (ear piercing), tampilan telinga akan terlihat menggelembung. Menggelembungnya area kulit yang terkena keloid tentu saja membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Keloid atau jaringan parut merupakan reaksi berlebihan (over reaction) saat proses penyembuhan luka, mendesak area disekitar batas luka dan mengenai lapisan kulit normal yang ada disekitar luka. Pada umumnya keloid timbul tiga minggu pasca luka dan tidak serta merta langsung hilang.

keloid akibat telinga ditindik;
Foto Keloid Akibat Tindikan Pada Telinga
Beberapa keluhan penderita keloid yaitu rasa nyeri, area kulit terasa gatal-gatal, dan minder karena penampilan yang tidak nyaman untuk dilihat. Orang yang memiliki riwayat keloid dari keluarganya rentan terkena keloid, sehingga kemungkinan keloid akibat telinga ditindik semakin besar daripada orang yang tidak punya riwayat keloid pada keluarganya. Selain itu warna kulit turut meningkatkan potensi terkena keloid dimana orang berkulit gelap relatif lebih rentan terkena keloid karena memiliki sel melanosit lebih banyak daripada orang berkulit putih. Disinyalir sel melanosit inilah yang menjadi biang asal pertumbuhan keloid pada manusia.

Keloid pada telinga dapat muncul di daun telinga atas dan bawah, tergantung dimana telinganya ditindik dan seberapa besar ukuran tindikannya.

Hingga saat ini pengobatan keloid masih kontroversi sebab tidak ada satu pengobatan mujarab tetapi harus pengobatan kombinasi. Beberapa metode pengobatan keloid yaitu pembedahan minimal invasif, suntikan triamcinolon, silikon, cryotherapy, dan klip binder. Sayangnya, tindakan pengobatan seringkali perlu dilakukan berulang-ulang secara rutin hingga keloid tersamarkan. Beberapa Obat keloid yang dijual di apotek dan toko obat seperti vitamin E, ekstrak bawang putih, minyak kanola dan antioksidan dapat membantu proses regenerasi kulit namun tidak dapat menyembuhkan keloid dengan cepat.

Baca juga info kesehatan ini:
Keloid dapat kambuh dengan kemungkinan 0-24 persen dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, genetik, letak keloid, besarnya keloid, dan durasi waktu keloid. Keloid akibat telinga ditindik dapat diminimalisir jika anda yang memiliki resiko keloid terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum anda memasang tindikan di telinga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Keloid Akibat Telinga Ditindik