Arti Warna Ingus Bening, Putih, Kuning, Hijau, Merah, Hitam!

Kenali arti warna ingus untuk memahami kesehatan anda. Ingus biasanya terjadi saat kita sedang pilek atau flu. Ingus/lendir hidung memiliki warna dan tekstur yang berbeda pada masing-masing kejadian, tergantung kondisi kesehatan yang bersangkutan. Arti warna ingus penting diketahui untuk membantu anda melakukan diagnosis terhadap gangguan kesehatan yang sedang anda alami.

Credit to Shutterstock

Berikut ini beberapa arti dibalik warna ingus:

a. Arti Warna Ingus Bening

Warna bening pada ingus tergolong normal. Kebanyakan ingus ini akan tertelan tanpa kita sadari. Fungsi ingus ini yaitu melembabkan saluran pernafasaran, terutama hidung kita.

b. Arti Warna Ingus Putih

Jika warna ingus kita berwarna putih, artinya anda sedang terkena flu atau alergi. Ingus normal yang diproduksi oleh jaringan dalam hidung dapat mengental manakala terjadi penyumbatan di hidung. Penyumbatan ini akan dapat menahan ingus sehingga ingus mulai kehilangan cairan dan warnanya keputihan.

c. Arti Warna Ingus Kuning Kental

Ingus yang berwarna kuning dan kental menandakan anda sedang terkena infeksi yang mulai memburuk. Warna kuning terjadi karena sel darah putih bersama sel lainnya sedang melawan agen penyebab infeksi di hidung.

d. Arti warna ingus hijau kental

Warna hijau dan kental pada ingus menandakan infeksi yang terjadi sudah lebih parah dibandingkan saat ingus anda masih berwarna kuning. Pada saat inilah sel darah putih banyak berdatangan untuk mengatasi peradangan yang terjadi. Nah salah salah satu bagian pada sel darah putih mengandung enzim neutrophil yang berwarna kehijauan. Kehadiran enzim ini dalam jumlah banyak menjadikan warna kehijauan pada lendir anda.

e. Arti Warna Ingus Merah

Jika warna ingus anda kemerahan artinya ingus anda mengandung darah. Darah terjadi karena timbulnya luka di jaringan dalam hidung. Luka ini terjadi karena iritasi atau faktor lainnya.

f. Arti Warna Ingus Hitam

Ingus hitam biasanya terjadi pada perokok aktif atau orang yang terpapar polutan asap. Selain itu, ingus berwarna hitam juga dapat terjadi sebagai gejala infeksi jamur yang sudah parah.

Baca juga info kesehatan ini:
Apakah anda sedang flu dan mengeluarkan ingus? Coba amati ingus anda berwarna apa? Mudah-mudahan penjelasan arti warna ingus bermanfaat bagi pembaca terutama bagi anda yang sedang terkena flu ringan maupun berat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Arti Warna Ingus Bening, Putih, Kuning, Hijau, Merah, Hitam!