4 Penyebab Kencing Berbusa Yang Perlu Anda Ketahui

Kenali penyebab kencing berbusa karena hal ini merupakan tanda-tanda anda sedang mengidap penyakit tertentu di tubuh. Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka anda tahu bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Salah satu bentuk urine yang tidak sehat atau normal yaitu terdapat banyak busa saat anda mengeluarkan air seni. Waspadalah sebab hal ini merupakan gejala gangguan kesehatan sedang menimpa anda.

Dalam kondisi normal, saat anda kencing berkecepatan tinggi karena mungkin anda sedang terburu-buru oleh waktu yang mepet, kencing berbusa bisa saja terjadi. Namun jika anda tidak kencing berkecepatan tinggi namun berbusa tentu saja hal ini gejala abnormal.

Berikut ini penyebab kencing berbusa dan cara mengatasinya:

1. Dehidrasi

Saat anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh maka urine yang dikeluarkan akan berwarna kuning pekat atau disertai berbusa. Jika penyebab urin berbusa karena dehidrasi, maka cara mengatasinya yaitu anda perlu memastikan agar kebutuhan cairan harian terpenuhi dengan minum sebanyak 8 gelas per hari.

b. Diabetes

Pada kasus kerusakan ginjal karena penyakit diabetes, protein akan keluar bersama-sama dengan urine dimana urine tersebut akan berbusa saat dikeluarkan. Jika anda mengidap penyakit diabetes maka kendalikan gula darah agar ginjal anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Baca juga: Pemeriksaan protein urine

c. Peradangan Ginjal

Gangguan ginjal menyebabkan pengeluaran protein bersama-sama urine saat dikeluarkan dan bentuk urinenya berbusa. Dalam kondisi normal, ginjal akan menahan protein agar tidak dikeluarkan bersama urine. Namun jika anda mengalami masalah gangguan ginjal maka protein akan lolos dan masuk kedalam urine. Mengobati kencing berbusa akibat gangguan ginal perlu berdasarkan jenis gangguan ginjalnya. Jika gangguan ginjal karena penyakit lupus, maka salah satu tindakan pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan penekan peradangan seperti obat golongan steroid. Pastikan anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk masalah kencing berbusa akibat gangguan ginjal.

d. Infeksi

Kencing berbusa juga dapat diakibatkan oleh infeksi saluran Kemih (ISK). Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika saluran kemih bawah yang terkena infeksi disebut sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika saluran kemih atas yang terkena infeksi disebut pielonefritis (infeksi ginjal).

Cara mengatasi infeksi saluran kemih yaitu dengan mengkonsumsi antibiotik sebab infeksi yang tidak tertangani dengan baik dapat mengakibatkan kuman menginfeksi organ di atas saluran kencing seperti ginjal.

Baca cara sehat hidup ini: Batuk susah sembuh? Kenali penyebabnya.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa pengobatan kencing berbusa tergantung faktor penyebabnya. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui faktor penyebab kencing berbusa yang anda sedang alami sehingga dapat dilakukan diagnosis dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : 4 Penyebab Kencing Berbusa Yang Perlu Anda Ketahui