Lepas KB Suntik, Kapan Wanita Bisa Hamil Lagi?

Tidak ada yang lebih dinanti-nantikan oleh sebuah keluarga daripada kehadiran anak. Anak merupakan titipan Tuhan yang indah. Kehadiran anak menambah arti dari sebuah keluarga. Sehingga banyak keluarga ingin memiliki anak lebih dari satu. Sehingga tak heran banyak wanita yang ingin kembali hamil kerap bertanya-tanya lepas KB Suntik, kapan wanita bisa hamil lagi? Pertanyaan tersebut merupakan hal normal sebab anda tidak sabar ingin kembali hamil lagi.

Kontrasepsi melalui suntikan KB mengandung hormon yang fungsinya sebagai alat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dengan cara kerja mempengaruhi sisten hormon dalam tubuh wanita. Efek samping dari KB Suntik yaitu pendarahan yang tidak teratur, mulai dari flek atau bercak pendarahan hingga tidak haid. Setiap wanita memiliki respon yang berbeda-beda dalam menerima efek hormon ini. (Baca: cara cepat hamil dan punya momongan lagi)

Image Credit to BKKBN
Pada pemakaian KB suntik, normalnya siklus menstruasi yang teratur akan kembali lagi dalam waktu 6-12 bulan setelah berhenti memakai KB Suntik. Selama periode itu, wanita dapat mengalami ketidakteraturan yang diakibatkan oleh pengembalian keseimbangan hormon beberapa waktu. Normalnya pengembalian kesuburan untuk kehamilan berkisar 5-7 bulan pasca penghentian KB suntikan. Tentu saja, kondisi ini berbeda-beda tergantung kondisi setiap wanita.

Jika lebih dari setahun pasca lepas KB suntik, tetapi anda masih mengalami haid yang tidak teratur, kami anjurkan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan medis.

Jadi pasca Lepas KB Suntik, kapan Wanita Bisa Hamil Lagi yaitu setelah 6-12 bulan. Tidak lama kok menunggunya. Jadi persiapkan diri bunda untuk program kehamilan dengan makanan bergizi dan bergaya hidup sehat. Kesehatan wanita selama periode ini menentukan agar anda kembali dapat hamil lagi secara normal pasca lepas KB suntik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Lepas KB Suntik, Kapan Wanita Bisa Hamil Lagi?