Mengapa Jari Tangan dan Kaki Berkerut Saat Berenang Terlalu Lama?

Bagi anda yang hobi berenang, tentunya sudah biasa mendapatkan jari tangan maupun kaki berkerut jika berlama-lama di dalam kolam renang. Mengapa jari tangan dan kaki berkerut saat berenang terlalu lama?

Sebagian kulit tubuh kita mempunyai respon yang unik saat terkena air. Berbeda halnya dengan organ tubuh lainnya, kulit di jari dan telapak tangan dan kaki akan mengkerut setelah berendam atau berbasah-basahan dalam waktu yang lama. Pada umumnya waktu yang diperlukan sekitar 5-10 menit, namun tergantung pada kondisi setiap orang.


Ilustrasi jari berkerut karena berenang terlalu lama (Credit to Pitara)

Para ahli kesehatan mempunyai banyak pendapat yang berbeda dalam melihat hal ini. Ada yang berpendapat bahwa lapisan kulit luar menarik air ke dalam kulit serta menampungnya sehingga terbentuklah kerutan. Menurut paham ini lapisan kulit luar dapat menampung air yang diserap akibat dari keratin yang elastis dan membentuk pola struktur tiga dimensi. Hal ini membuat lapisan kulit luar sangat mudah menampung air saat terkena air. Namun anda tidak perlu khawatir sebab pada umumnya kerutan akan menghilang saat kulit mengering.

Selain itu, ada juga ahli kesehatan yang berpendapat bahwa terjadinya kerutan di jari tangan maupun kaki merupakan suatu bentuk respon dari sistem saraf simpatis pada tubuh kita. Sistem saraf simpatin merupakan sistem saraf yang berperan dalam menstimulus tubuh untuk mepersiapan sebelum beraktifitas.

Menurut Mark Changizi, ahli neurobiologi, menyatakan bahwa kerutan di jari dalam kondisi basah merupakan bentuk adaptasi dari tubuh manusia. Hal ini bertujuan untuk membuat jari-jari tangan lebih mudah menggenggam suatu objek dalam kondisi basah.

Ada manfaat tahu beberapa fakta tentang apa yang terjadi pada tubuh manusia sehingga kita dapat membantu untuk lebih memahami proses alamiah pada tubuh kita sendiri. Begitu pula halnya dengan alasan mengapa jari mengerut pada waktu berenang maupun bermain air terlalu lama.

Nah kini anda sudah tidak penasaran lagi dan anda juga sudah tahu alasan mengapa jari kaki berkerut saat berenang terlalu lama. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Mengapa Jari Tangan dan Kaki Berkerut Saat Berenang Terlalu Lama?