Hubungan Antara Tingkat Keberhasilan Diet dan Gen

Apakah anda selalu gagal menurunkan berat badan, padahal diet ketat sudah anda lakukan sehari-hari? Jika ya, maka kegagalan program diet mungkin terjadi karena gen anda. Terkait masalah ini ada sebuah studi yang membuktikan hubungan antara tingkat keberhasilan diet dan gen setiap individu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Sebuah studi Texas A&M University menyatakan bahwa ada hubungan antara tingkat keberhasilan diet dan gen setiap orang. karena tikus mempunyai komposisi gen yang mirip dengan manusia maka studi ini menggunakan tikus untuk mengkaji hubungan antara kegagalan diet dan genetik. Studi ini meneliti bagaimana perbedaan gen berdampak pada respon kesehatan tikus terhadap beberapa makanan populer. Kemudian tikus dipisahkan menjadi empat kelompok gen.

Credit to Fotolia
Studi ini memakai empat pola diet yang berbeda lalu mengamati respon tubuh. Empat pola diet tersebut yaitu diet Amerika, diet Jepang, diet Mediterania, dan diet Atkins atau ketogenik. Dari seluruhnya, diet Jepang dianggap yang paling sehat. tetapi, ada salah satu kelompok tikus yang tidak berhasil dengan diet Jepang sebab justru mengalami peningkatan lemak di hati, dan ciri-ciri kerusakan hati.

Adapun diet ketogenik memberikan hasil yang baik pada dua kelompok tikus. Sisanya menunjukkan kondisi yang buruk dimana Satu kelompok tikus mengalami obesitas serta kolesterol tinggi, tetapi tikus di kelompok lain tetap kurus namun lemaknya meningkat.

Lalu bagaimana dengan pola diet Amerika dan diet Mediterania? Diet Amerika menunjukkan reaksi yang buruk pada mayoritas tikus. Sedangkan diet Mediterania menunjukkan ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil dimana sebagian tikus menjadi sehat, tetapi sebagian tikus lain berat badannya justru meningkat.

Tujua penelitian Texas A&M University yaitu untuk menemukan pola makan yang terbaik. Tetapi hasil akhir kesimpulan yaitu tingkat keberhasilan tergantung pada gen setiap individu. Dengan demikian tidak ada satu pola diet yang terbaik yang dapat diterapkan untuk semua orang.

Fakta dari penelitian yang menguji hubungan antara tingkat keberhasilan diet dan gen yaitu bahwa gen ikut berperan terhadap tingkat keberhasilan diet, jika anda ingin menurunkan berat badan dengan baik maka kombinasi antara pola makan sehat dan olah raga secara teratur menjadi kunci sukses program diet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : Hubungan Antara Tingkat Keberhasilan Diet dan Gen