6 Penyebab Tangan Bergetar, Waspadalah!

Seringkali kita menganggap sepele jika mengalami tangan bergetar atau gemetaran. Padahal mungkin tangan bergetar merupakan ciri-ciri gangguan kesehatan ringan maupun berat. Berdasarkan hasil penelitian American Family Physician, gangguan gerakan tangan atau yang sering disebut tremor merupakan kasus umum yang banyak terjadi.

Menurut Joseph Jankovic, MD., profesor bidang neurologi dari Baylor College of Medicine Amerika, tangan bergetar dapat menjadi petunjuk seseorang sedang mengalami tanda-tanda penyakit. Berikut 6 penyebab tangan bergetar sendiri yang bisa jadi terjadi pada anda:

Ilustrasi Tangan bergetar sendiri (Credit to johnbartemus)

1. Tremor esensial

Penyebab umum dari tangan yang gemetar adalah tremor. Tremor adalah gerakan refleks yang tak terkontrol pada satu atau lebih anggota tubuh. Tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering terkena tremor.

Tremor terjadi karena ada bagian otak yang bermasalah dalam mengendalikan otot. Kondisi ini bisa diakibatkan karena faktor genetik, usia, dan lingkungan.

2. Kelelahan

Saat Anda mengalami kelelahan karena beban pekerjaan atau karena kurang istirahat maka kejadian tangan gemetar dapat terjadi pada anda. Tak hanya tangan, organ tubuh lain pun juga bisa gemetar.

3. Stres

Setiap mahluk hidup bergerak dan bergetar. Tetapi getarannya relatif lebih ringan tidak seperti denyut jantung maupun nadi yang berlangsung stabil dan terus menerus. Tingkat getarannya tergantung seberapa besar tingkat stres atau kecemasan anda.

4. Efek kafein

Terlalu banyak asupan kafein yang diperoleh melalui kopi atau teh dapat menyebabkan tangan gemetar. Berdasarkan neurologi, kafein dapat menyebabkan keluhan tremor pada organ tubuh tertentu, seperti tangan.

5. Parkinson

Parkinson adalah penyakit neuro-degeneratif dimana penderita mengalami kerusakan otak dan saraf progresif yang berdampak pada sistem gerak. Hal ini terjadi karena gangguan sel-sel otak yang menghasilkan dopamin. Salah satu gejala awal parkinson yaitu dapat berupa tremor atau tangan gemetar ringan. Parkinson dapat terjadi pada usia muda dan tua, tetapi penderita parkinson lebih banyak pada orang lanjut usia.

6. Efek obat

Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan tangan gemetaran yaitu amfetamin ( attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), statin, dan obat anti depresan bernama selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

Waspadalah jika anda sering mengalami keluhan tangan bergetar. Berkonsultasilah pada dokter di rumah sakit sehingga penyebab tangan bergetar dapat dideteksi dan diobati. Selain itu, konsumsilah vitamin B1 agar kesehatan saraf stimulus anda terjaga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori :

Artikel kesehatan terkait : 6 Penyebab Tangan Bergetar, Waspadalah!